1.  Program yang bisa diikuti  :

  1. Program Prestasi
  2. Program Kerjasama
  3. Gelombang 1
  4. Gelombang 2

 2. Periode Pendaftaran

PROGRAM MASUK

TGL PENDAFTARAN

PENGUMUMAN

REGISTRASI

PRESTASI TAHAP 1

18 NOVEMBER 2024 s/d 31 Desember 2024

1 Minggu setelah berakhirnya periode pendaftaran

Maksimal 10 hari setelah lolos seleksi

KERJASAMA

18 NOVEMBER 2023 s/d 30 JUNI 2025

7 Hari kerja setelah dokumen lengkap

Maksimal 10 hari setelah lolos seleksi

GELOMBANG 1

1 FEBRUARI 2025 s/d 31 MEI 2025

Langsung setelah selesai tes

Maksimal 10 hari setelah lolos seleksi

GELOMBANG 2

1 JUNI 2025 s/d 23 AGUSTUS 2025
*kondisional

Langsung setelah selesai tes

Maksimal 10 hari setelah lolos seleksi

 

 3.  Syarat Pendaftaran

  1. Berasal dari Lulusan Program Studi D-III Analis Kesehatan/ D3 Teknologi Laboratorium Medik (TLM) yang terakreditasi LAM PT KES/BAN PT/DINKES minimal “Baik Sekali /B”
  2. Lulusan D3 Analis Kesehatan Program Reguler (jumlah sks 110-120 SKS), atau   Lulusan D3 Analis Kesehatan Program RPL, atau D3 Analis Kesehatan Program Khusus (SKS <110 SKS).
  3. Masa studi Pendidikan D3 Analis Kesehatan/ D3 TLM maksimal 5 tahun.
  4. Lulusan tahun 2023 atau sebelumya dan Sudah bekerja minimal 1 tahun dibuktikan dengan Surat Keterangan Pengalaman Kerja atau surat ijin belajar/tugas belajar bagi yang masih bekerja.
  5. Mendaftar Melalui :
    1. Program Prestasi dan Program Kerjasama:
      1. Jalur Prestasi Alumni USB/ Non Alumni USB, syarat IPK ˃ 3,50 (lebih dari 3,50 pada skala 4,00).
      2. Jalur Kerjasama Alumni USB/ Non Alumni USB, syarat IPK ≥ 3.00 (lebih dari atau sama dengan 3,00 pada skala 4,00).
    2. Pendaftaran Gelombang 1 dan Gelombang 2:
      1. Syarat IPK ≥ 2,50 (minimal 2,50 pada skala 4,00).
    • Jika Nilai transfer kredit dari program D3 Analis Kesehatan/ D3 TLM tidak memenuhi SKS dan/atau IPK <3,00 pada kurikulum D4 Analis Kesehatan USB (144-154 SKS) maka wajib mengikuti penilaian portofolio dan/atau asesmen lain yang sesuai.


4.  Syarat Administrasi yang harus diisi dan diunggah pada website PMB USB, sebagai berikut::

  1. Membuat akun pendaftaran dan mengisi formular RPL (Formulir Mutu RPL no. 1, 2 & 3) yang tersedia pada http://pmb.setiabudi.ac.id/spmbfront/
  2. Bukti Transfer Biaya pendaftaran melalui SEVIMA PAY (Virtual Account)
  3. Salinan Ijazah D3 Analis Kesehatan yang dilegalisir.
  4. Salinan Transkrip Nilai yang dilegalisir.
  5. Salinan Sertifikat Akreditasi atau SK Akreditasi LAMPTKES/BAN-PT dari Program Studi D3 Analis Kesehatan/D3 Teknologi Laboratorium Medik (TLM) PTN/PTS asal.
  6. Surat Ijin Belajar/ Tugas Belajar (bagi yang masih bekerja) atau surat Keterangan Pengalaman Kerja (bagi yang pernah bekerja).
  7. Pas foto 3x4 (berwarna).
  8. Salinan KTP / Paspor bagi WNA

5.  Wawancara dan Tes 

  1. Wawancara
    • Wawancara dilakukan sebelum calon mahasiswa diterima menjadi mahasiswa Prodi D4 Analis Kesehatan
    • Wawancara bertujuan untuk menilai portofolio dan mengumpulkan informasi mengenai kesanggupan mengikuti kuliah sesuai dengan jadwal yang ditentukan oleh Prodi, konversi nilai dan SKS, peminatan topik skripsi, serta status pekerjaan mahasiswa.
  2. Tes
    • Materi tes berupa kompetensi TLM (Hematologi, Kimia Klinik, Bakteriologi, Imunoserologi, Parasitologi, Sitohistoteknologi, Toksikologi) sejumlah 100 soal dengan waktu 90 menit
    • Tes dilakukan secara online berbasis CBT (Computer Based Test) di tempat masing masing

6.  Registrasi
     
Membayar biaya pendidikan (registrasi) dan mengirimkan dokumen cetak sebagai berikut :

  1. Surat Lolos Seleksi PMB USB (bukti calon mahasiswa diterima).
  2. Bukti Transfer Biaya Registrasi melalui melalui SEVIMA PAY (Virtual Account).
  3. Salinan Ijazah D3 Analis Kesehatan/D3 Teknologi Laboratorium Medik (TLM) yang dilegalisir/surat keterangan lulus (2 lembar).
  4. Salinan Transkrip Nilai D3 Analis Kesehatan/D3 Teknologi Laboratorium Medik (TLM) yang dilegalisir (2 lembar).
  5. Salinan Sertifikat Akreditasi atau SK Akreditasi LAMPTKES/BAN-PT dari Program Studi D-III Analis Kesehatan/D3 Teknologi Laboratorium Medik (TLM) PTN/PTS asal.
  6. Surat Ijin belajar/tugas belajar (bagi yang sudah bekerja).
  7. Pas photo 3x4 berwarna sebanyak 2 lembar.
  8. Fotocopy KTP / Paspor bagi WNA
  9. Surat Pernyataan Kesanggupan mengikuti English Proficiency Course (EPC) dan Kuliah Anti Korupsi, dan Workshop
  10. Lengkapi dengan dokumen registrasinya, sebagai berikut : Surat Pernyataan Kebenaran Data dan Keabsahan Dokumen bermaterai yang sudah ditandatangani oleh calon mahasiswa
  11. Calon mahasiswa mengirimkan dokumen registrasi
diserahkan kepada panitia secara langsung atau dikirim ke :

Rektor u.p. Ketua Panitia PMB Universitas Setia Budi, Jl. Let. Jen. Sutoyo Mojosongo Surakarta, Jawa Tengah. Telp. 0271 852518, Faks. 0271 853275.

Contact Person : Rinda Binugraheni, S.Pd.,M.Sc    ( 085641498252 )


Rektor
u.p. Ketua Panitia PMB Universitas Setia Budi,
Jl. Let. Jen. Sutoyo Mojosongo Surakarta,
Jawa Tengah.  
Telp. 0271 852518, Faks. 0271 853275