Image
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
ABOUT US
Follow Us Now
1826 Locust Street, Bainbridge support@templaza.com

Program Studi Profesi Apoteker Fakultas Farmasi Universitas Setia Budi memberikan kesempatan kepada setiap lulusan S-1 Farmasi untuk mengikuti pendidikan profesi apoteker dengan membuka pendaftaran mahasiswa baru angkatan 49, dengan ketentuan sebagai berikut:

 

  • JADWAL PENDAFTARAN

No.

Jenis Kegiatan

Waktu Pelaksanaan

Keterangan

1.

Pendaftaran

1 Desember 2024 s/d 10 Januari 2025

Pendaftaran online melalui https://siakad.setiabudi.ac.id/spmbfront/

2.

Seleksi

 

 

 

a. Seleksi Administrasi Berkas

13 s/d 20 Januari 2025

Hasil verifikasi dapat dilihat melalui akun masing-masing

 

b. Seleksi Uji Tulis (CBT) 

22 Januari 2025

Pengumuman hasil seleksi CBT akan disampaikan melalui WhatssApp Group PMB Apoteker 49 USB pada tanggal 23 Januari 2025

 

c. Tes Wawancara 

24 Januari 2025

Bagi peserta yang dinyatakan lolos seleksi uji tulis (CBT)

3.

Pengumuman Akhir

25 Januari 2025

 

4.

Registrasi

26-30 Januari 2025

 

5.

Kuliah Perdana

Kuliah Reguler

1 & 3 Januari 2025

4 Januari 2025

 

 

  • PERSYARATAN
  1. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 450.000,-
  2. Sarjana Farmasi Universitas Setia Budi/PTN maupun PTS yang telah terakreditasi oleh BAN-PT dan/atau LAM PT-Kes
  3. IPK min. 2.75
  4. Tidak sedang mengikuti perkuliahan di Institusi manapun
  5. Bersedia menjalani penempatan PKPA dimanapun
  6. Bersedia tidak hamil selama masa studi Profesi Apoteker (bagi perempuan)*
  7. Bersedia mengikuti aturan dan tata tertib Universitas Setia Budi
  8. Tidak sedang bekerja/ tugas belajar (bukan ijin belajar) bagi pegawai negeri sipil/instansi swasta*
  9. Sehat jasmani dan rohani/jiwa

Informasi pendaftaran dapat dilihat melalui website https://pmb.setiabudi.ac.id/index.php/jalur-masuk/profesi-apoteker  

  • BERKAS PENDAFTARAN
  1. Pas foto resmi berwarna terbaru (background merah) dengan ketentuan:
    • Putri : jas hitam, jilbab putih (bagi muslimah)
    • Putra : jas hitam, kemeja putih dan berdasi
  2. Scan asli Identitas diri KTP/Paspor/SIM
  3. Scan asli atau fotocopy legalisir basah Ijazah S1 Farmasi (bukan Surat Keterangan Lulus/SKL) dengan ketentuan posisi landscape, jelas, dapat terbaca dan tidak ada bagian yang terpotong
  4. Scan asli atau fotocopy legalisir basah Transkrip nilai S1 Farmasi
  5. Scan asli Surat pernyataan pendaftaran bermaterai sesuai format (download disini)
  6. Scan asli Surat Keterangan Sehat Jiwa/Rohani dari Dokter Spesialis Kejiwaan (Sp.KJ) yang masih berlaku (masa berlaku + 3 bulan)
  7. Scan asli Surat keterangan Sehat Jasmani yang masih berlaku (masa berlaku + 3 bulan)
  8. Surat pernyataanTugas belajar dari Instansi yang bersangkutan bagi pegawai negeri sipil atau instansi swasta sesuai template (download disini)

 

  • TATA CARA PENDAFTARAN

Pendaftaran dibuka pada tanggal 1 Desember 2024 s/d 10 Januari 2025 secara online melalui https://siakad.setiabudi.ac.id/spmbfront/

Tata cara pendaftaran:

  1. Isikan biodata pendaftar   ID Pendaftar dan PIN

 (Cek melalui email yang disikan pada biodata pendaftar)

  1. Lakukan pembayaran biaya pendaftaran (sesuai jumlah tagihan)
  2. Setelah melakukan pembayaran, Login kembali menggunakan ID pendaftar dan PIN
  3. Lengkapi isian biodata dan Upload berkas pendaftaran
  4. Lakukan Finalisasi data
  5. Bergabung ke WhatssApp Group PMB Apoteker 49 USB melalui link undangan yang akan muncul setelah finalisasi data
  6. Pendaftaran diluar jadwal tersebut tidak menjadi tanggung jawab Panitia dan tidak ada pengembalian biaya pendaftaran

 

Catatan:

  • Silahkan cek secara berkala hasil verifikasi berkas pendaftaran melalui akun masing-masing
  • Cetak kartu ujian pada menu jadwal seleksi
  • Hubungi Admin apabila ada kendala pada sistem pendaftaran

 

  • BIAYA PENDIDIKAN

Tahap

Biaya Pendidikan

Batas Waktu Pembayaran

Alumni USB

Non-USB

(Registrasi Awal)

16.000.000

18.000.000

28-31 Januari 2025

I

3.500.000

3.500.000

20-21 Februari 2025

II

3.500.000

3.500.000

20-21 Maret 2025

III

3.500.000

3.500.000

20-21 April 2025

IV

3.500.000

3.500.000

20-21 Mei 2025

V

3.500.000

3.500.000

20-21 Juni 2025

VI

3.500.000

3.500.000

20-21 Juli 2025

Jumlah

37.000.000

39.000.000

 

 

Biaya tersebut adalah biaya pendidikan selama 1 tahun (Biaya perkuliahan/SPP, PKPA, UTS/UAS,

TryOut dan pembekalan Internal (CBT & OSCE)). tidak termasuk biaya UKMPPAI Nasional dan sumpah apoteker.

 

  • SELEKSI UJI TULIS

Seleksi Uji tulis dilaksanakan dengan metode CBT di Universitas Setia Budi.

Peserta Uji  Tulis wajib membawa:

  • Laptop
  • Kartu Ujian (cetak kartu melalui akun masing-masing)
  • Identitas diri (KTP/Paspor/SIM)

Materi ujian seleksi:

  1. TPA (Tes Potensi Akademik)
  2. Tes pengetahuan kefarmasian yang meliputi:
  • Farmakologi Farmakoterapi
  • Teknologi Farmasi
  • Farmasi Komunitas (Farmasetika, Pelayanan Farmasi, Per-UU Farmasi)
  • Analisa Farmasi & Kimia Medisinal
  • Obat Tradisional

 

Contact person:

  • Admin PMB +62 882-1540-2160

 

Jam Layanan Pendaftaran :

Senin s/d Jum’at     : 08.00 – 16.00 WIB

1. Surat Pernyataan EPC dan PAK untuk D4 Analis Kesehatan (Alih Jenjang) dan S1 Farmasi (Alih Jenjang) Unduh
2. Surat Pernyataan Keabsahan Data Unduh
3. Surat Pernyataan Matrikulasi D4 ankes Alih Jenjang 2024 Unduh
4. Surat pernyataan Bermaterai Pendaftaran Profesi Apoteker Unduh
5. Surat pernyataan Tugas belajar dari Instansi yang bersangkutan bagi pegawai negeri sipil atau instansi swasta Unduh
6. Formulir Aplikasi Nama Lengkap RPL D4 ANKES Unduh
7. Formulir evaluasi diri Nama Lengkap RPL D4 ANKES Unduh
8. Formulir daftar riwayat hidup Nama Lengkap RPL D4 ANKES Unduh
9. Tabel kesesuaian jurusan sma/smk/ma dengan program studi yang diminati untuk jalur prestasi, kerjasama, utbk, merdeka & beasiswa Unduh
10. Tabel Kesesuaian Jurusan Sma/Smk/Ma Dengan Program Studi Yang Diminati Untuk Jalur Tes Pmb Usb Ta 2025/2026 Unduh

Merupakan program penerimaan mahasiswa baru yang seleksinya berdasarkan prestasi akademik/non akademik yang pernah diraih oleh calon mahasiswa waktu masih duduk di bangku SMA/SMK/MA atau lulusan dari Perguruan Tinggi. Pendaftar Program Prestasi tidak perlu mengikuti tes kemampuan belajar/tes tulis PMB USB.

 

1.   Program Studi yang ditawarkan:

  1. Pendidikan Akademik : S1 Farmasi, S1 Teknik Kimia, S1 Teknik Industri, S1 Manajemen, S1 Akuntansi, S1 Psikologi
  2. Pendidikan Vokasi : D-IV Analis Kesehatan, D-III Analis Kesehatan, D-III Farmasi, D-III Analis Farmasi & Makanan (Anafarma), D-III Analis Kimia.


2.   Waktu Pendaftaran, Pengumuman dan Registrasi : 

Periode Pendaftarar PENDAFTARAN & FINALISASI DATA  Pengumuman  Registrasi
SELEKSI TAHAP 1 18 Nov 2024 s/d 20 Januari 2025 Paling Lambat tgl 24 Januari 2025 Maksimal 10 hari setelah pengumuman

*Pendaftar setelah tgl 20 Januari 2025 masuk seleksi tahap 2


3.   a. Persyaratan Umum Program Prestasi ( Warga Negara Indonesia )

  1. Warga Negara Indonesia.
  2. Sehat jasmani dan rohani.
  3. Berasal dari SMA/SMK/MA yang memiliki kesesuaian jurusan dengan program studi yang diminati dan tidak berasal dari Ujian Penyetaraan/Paket C ( Sesuai Tabel Kesesuaian Jurusan ).
  4. Tidak buta warna untuk pendaftar Program Studi S1 Farmasi, D3 Farmasi, D3 Analis Farmasi & Makanan, S1 Teknik Kimia, D3 Analis Kimia, D3 Analis Kesehatan, D4 Analis Kesehatan dan S1 Psikologi.
  5. Sehat dan  tidak buta warna (dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter)
  6. Bagi pendaftar Program Studi D3 dan D4 Analis Kesehatan menyertakan hasil laboratorium (HBsAg) negatif/non reaktif dari rumah sakit/laboratorium klinik

    b. Persyaratan Umum Program Prestasi ( Warga Negara Asing )

  1. Sehat jasmani dan rohani.
  2. Berasal dari sekolah setingkat SMA dan memiliki kesesuaian jurusan dengan program studi yang diminati
  3. Tidak buta warna untuk pendaftar Program Studi S1 Farmasi, D3 Farmasi, D3 Analis Farmasi & Makanan, S1 Teknik Kimia, D3 Analis Kimia, D3 Analis Kesehatan, D4 Analis Kesehatan dan S1 Psikologi.
  4. Sehat dan tidak buta warna (dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter)
  5. Bagi pendaftar Program Studi D3 dan D4 Analis Kesehatan menyertakan hasil laboratorium (HBsAg) negatif/non reaktif dari rumah sakit/laboratorium klinik.
  6. Memiliki paspor dan visa yang masih berlaku minimal 18 bulan sejak Januari 2025
  7. Mampu membiayai studinya di Universitas Setia Budi (dibuktikan dengan financial guarantee statement, dilampiri bank statement)
  8. Tidak akan bekerja selama masa studi dan mematuhi hukum dan peraturan yang berlaku di Indonesia (dibuktikan dengan surat pernyataan)


4.   Syarat Khusus :

  1. Lulusan SMA/SMK/MA tahun 2024 dan 2025.
  2. Prestasi Akademik : nilai rapor semester 1-4 (bagi lulusan 2025) atau nilai ujian akhir (bagi lulusan 2024) untuk semua mata pelajaran minimal 75.
  3. Calon mahasiswa diperkenankan memilih 2 (dua) Program Studi sesuai yang ditawarkan.


5.   Prosedur Pendaftaran: 

  1. Mengisi Formulir Pendaftaran secara online di http://pmb.setiabudi.ac.id/spmbfront/
  2. Mengunggah dokumen pendaftaran secara online
    • Pas foto terbaru (berwarna)
    • KTP atau Kartu Keluarga calon mahasiswa (bagi yang belum punya KTP)
    • Surat pengantar dari Kepala Sekolah/Wakil Kepala Sekolah/Guru BK/Guru/ untuk mendaftar ke Universitas Setia Budi ditujukan kepada Rektor Universitas Setia Budi
    • Rapor semester 1 s/d 4 (lulusan 2025), nilai ujian akhir (lulusan 2024) yang sudah dilegalisir atau hasil scand dokumen asli.
    • Surat keterangan sehat dan tidak buta warna dari dokter.
    • Bagi pendaftar Program Studi D3 dan D4 Analis Kesehatan (reguler) menyertakan hasil laboratorium (HBsAg) negatif/non reaktif dari rumah sakit/laboratorium klinik.

          *File dokumen yang di upload harus hasil scan dokumen asli atau fotocopy yang sudah di legalisir, dokumen wajib terlihat jelas atau tidak miring.

6.  Biaya Pendaftaran: Gratis

7.  Biaya Pendidikan

NO

PROGRAM STUDI

Uang Kuliah Tetap (UKT)

1

S-1  FARMASI

10.640.000

2

D-III  FARMASI

9.730.000

3

D-III  ANAFARMA

6.360.000

4

S-1  TEKNIK KIMIA

5.330.000

5

S-1  TEKNIK INDUSTRI

5.330.000

6

D-III  ANALIS KIMIA

4.750.000

7

D-IV  ANALIS KESEHATAN

9.490.000

8

D-III ANALIS KESEHATAN

8.740.000

9

S-1  PSIKOLOGI

6.370.000

10

S-1  MANAJEMEN

3.680.000

11

S-1  AKUNTANSI

3.680.000

*Berlaku bagi pendaftar yang dinyatakan lolos seleksi s/d Januari 2025

 

*Verifikasi data pendaftar : Kak Dita ( 0856033316368 )

 

 1.  Program yang bisa diikuti  :

  1. Program Prestasi
  2. Program Kerjasama
  3. Gelombang 1
  4. Gelombang 2

 2. Periode Pendaftaran

PROGRAM MASUK

TGL PENDAFTARAN

PENGUMUMAN

REGISTRASI

PRESTASI TAHAP 1

18 NOVEMBER 2024 s/d 31 Desember 2024

1 Minggu setelah berakhirnya periode pendaftaran

Maksimal 10 hari setelah lolos seleksi

KERJASAMA

18 NOVEMBER 2023 s/d 30 JUNI 2025

7 Hari kerja setelah dokumen lengkap

Maksimal 10 hari setelah lolos seleksi

GELOMBANG 1

1 FEBRUARI 2025 s/d 31 MEI 2025

Langsung setelah selesai tes

Maksimal 10 hari setelah lolos seleksi

GELOMBANG 2

1 JUNI 2025 s/d 23 AGUSTUS 2025
*kondisional

Langsung setelah selesai tes

Maksimal 10 hari setelah lolos seleksi

 

 3.  Syarat Pendaftaran

  1. Berasal dari Lulusan Program Studi D-III Analis Kesehatan/ D3 Teknologi Laboratorium Medik (TLM) yang terakreditasi LAM PT KES/BAN PT/DINKES minimal “Baik Sekali /B”
  2. Lulusan D3 Analis Kesehatan Program Reguler (jumlah sks 110-120 SKS), atau   Lulusan D3 Analis Kesehatan Program RPL, atau D3 Analis Kesehatan Program Khusus (SKS <110 SKS).
  3. Masa studi Pendidikan D3 Analis Kesehatan/ D3 TLM maksimal 5 tahun.
  4. Lulusan tahun 2023 atau sebelumya dan Sudah bekerja minimal 1 tahun dibuktikan dengan Surat Keterangan Pengalaman Kerja atau surat ijin belajar/tugas belajar bagi yang masih bekerja.
  5. Mendaftar Melalui :
    1. Program Prestasi dan Program Kerjasama:
      1. Jalur Prestasi Alumni USB/ Non Alumni USB, syarat IPK ˃ 3,50 (lebih dari 3,50 pada skala 4,00).
      2. Jalur Kerjasama Alumni USB/ Non Alumni USB, syarat IPK ≥ 3.00 (lebih dari atau sama dengan 3,00 pada skala 4,00).
    2. Pendaftaran Gelombang 1 dan Gelombang 2:
      1. Syarat IPK ≥ 2,50 (minimal 2,50 pada skala 4,00).
    • Jika Nilai transfer kredit dari program D3 Analis Kesehatan/ D3 TLM tidak memenuhi SKS dan/atau IPK <3,00 pada kurikulum D4 Analis Kesehatan USB (144-154 SKS) maka wajib mengikuti penilaian portofolio dan/atau asesmen lain yang sesuai.


4.  Syarat Administrasi yang harus diisi dan diunggah pada website PMB USB, sebagai berikut::

  1. Membuat akun pendaftaran dan mengisi formular RPL (Formulir Mutu RPL no. 1, 2 & 3) yang tersedia pada http://pmb.setiabudi.ac.id/spmbfront/
  2. Bukti Transfer Biaya pendaftaran melalui SEVIMA PAY (Virtual Account)
  3. Salinan Ijazah D3 Analis Kesehatan yang dilegalisir.
  4. Salinan Transkrip Nilai yang dilegalisir.
  5. Salinan Sertifikat Akreditasi atau SK Akreditasi LAMPTKES/BAN-PT dari Program Studi D3 Analis Kesehatan/D3 Teknologi Laboratorium Medik (TLM) PTN/PTS asal.
  6. Surat Ijin Belajar/ Tugas Belajar (bagi yang masih bekerja) atau surat Keterangan Pengalaman Kerja (bagi yang pernah bekerja).
  7. Pas foto 3x4 (berwarna).
  8. Salinan KTP / Paspor bagi WNA

5.  Wawancara dan Tes 

  1. Wawancara
    • Wawancara dilakukan sebelum calon mahasiswa diterima menjadi mahasiswa Prodi D4 Analis Kesehatan
    • Wawancara bertujuan untuk menilai portofolio dan mengumpulkan informasi mengenai kesanggupan mengikuti kuliah sesuai dengan jadwal yang ditentukan oleh Prodi, konversi nilai dan SKS, peminatan topik skripsi, serta status pekerjaan mahasiswa.
  2. Tes
    • Materi tes berupa kompetensi TLM (Hematologi, Kimia Klinik, Bakteriologi, Imunoserologi, Parasitologi, Sitohistoteknologi, Toksikologi) sejumlah 100 soal dengan waktu 90 menit
    • Tes dilakukan secara online berbasis CBT (Computer Based Test) di tempat masing masing

6.  Registrasi
     
Membayar biaya pendidikan (registrasi) dan mengirimkan dokumen cetak sebagai berikut :

  1. Surat Lolos Seleksi PMB USB (bukti calon mahasiswa diterima).
  2. Bukti Transfer Biaya Registrasi melalui melalui SEVIMA PAY (Virtual Account).
  3. Salinan Ijazah D3 Analis Kesehatan/D3 Teknologi Laboratorium Medik (TLM) yang dilegalisir/surat keterangan lulus (2 lembar).
  4. Salinan Transkrip Nilai D3 Analis Kesehatan/D3 Teknologi Laboratorium Medik (TLM) yang dilegalisir (2 lembar).
  5. Salinan Sertifikat Akreditasi atau SK Akreditasi LAMPTKES/BAN-PT dari Program Studi D-III Analis Kesehatan/D3 Teknologi Laboratorium Medik (TLM) PTN/PTS asal.
  6. Surat Ijin belajar/tugas belajar (bagi yang sudah bekerja).
  7. Pas photo 3x4 berwarna sebanyak 2 lembar.
  8. Fotocopy KTP / Paspor bagi WNA
  9. Surat Pernyataan Kesanggupan mengikuti English Proficiency Course (EPC) dan Kuliah Anti Korupsi, dan Workshop
  10. Lengkapi dengan dokumen registrasinya, sebagai berikut : Surat Pernyataan Kebenaran Data dan Keabsahan Dokumen bermaterai yang sudah ditandatangani oleh calon mahasiswa
  11. Calon mahasiswa mengirimkan dokumen registrasi
diserahkan kepada panitia secara langsung atau dikirim ke :

Rektor u.p. Ketua Panitia PMB Universitas Setia Budi, Jl. Let. Jen. Sutoyo Mojosongo Surakarta, Jawa Tengah. Telp. 0271 852518, Faks. 0271 853275.

Contact Person : Rinda Binugraheni, S.Pd.,M.Sc    ( 085641498252 )


Rektor
u.p. Ketua Panitia PMB Universitas Setia Budi,
Jl. Let. Jen. Sutoyo Mojosongo Surakarta,
Jawa Tengah.  
Telp. 0271 852518, Faks. 0271 853275

Image
Jl. Letjen Sutoyo, Mojosongo, Jebres, Surakarta 57127
Jawa Tengah
(0271) 852518
info@setiabudi.ac.id